Friday, November 15, 2013

CARA MENGOMPRES DIREKTORY DENGAN TERMINAL


1.pertama tama , kita buat perintah “sudo su” pada command line , yang berfungsi untuk mengubah dari user ke super user .







2.langkah selanjutnya yaitu kita ketik “cd/home/ricky/Documents/” yang berfungsi untuk memindahkan direktory ricky ke directory Documents .
Setelah itu kita buat lagi sintak “mkdir ricky” berfungsi untuk membuat directory “ricky”.

Lalu kita buat sintak lagi “tar –czvf smk.tar.gz ricky/”  yang berfungsi untuk mengompres directory “ricky” dengan format gzip.



3.setelah mengompres directory “ricky” kita check dengan sintak “ls” .






4.selanjutnya kita ketik sintak “tar –czvf  /home/ricky/Music/smk.tar.gz ricky/” untuk mengompres direktory.


Add caption


5.langkah berikutnya kita buat sintak “ls ../Music/” yang berfungsi untuk melihat direktory pada Music.




6.lanjut dengan “tar –cjvf smk.tar.bz Documents/” berfungsi untuk mengompres direktory Documents dengan format bzip 






7.selanjutnya kita buat direktory baru dengan cara “mkdir futsal” dan “mkdir bola” . setelah direktory sudah di buat , kita buat lagi sintak untuk meengompres dengan cara “tar –czvf basket.tar.gz futsal/ bola /ricky/”  





8.lalu kita buat kembali sintak  “tar –czvf /home/ricky/Music/basket/.tar.gz  futsal/ bola/ ricky/”  fungsi nya untuk memindahkan direktory ke direktory “ricky”.






9. lalu masukan sintak “tar –xzvf basket.tar.gz  -c  /home/ricky/Music/ “ berfungsi untuk mengompres directory tersebut ke dalam directory Music.





10.setelah itu kita ketik sintak “crontab –e” berfungsi untuk membuat penjadwalan . kita ubah waktu nya dari “menit , jam , tanggal , bulan , dan tambahkan sintak “mkdir /home/siswa/Music/syukurin “  setelah itu kita save dengan cara ctrl+ x+y  lalu enter “.berikut gambar nya :





11.setelah crontab / penjadwalan sudah di save kita check crontab dengan cara sintak “ls ../music/” tepat jam 11-32 lalu enter !





selesai , silahkan untuk di coba di rumah ya gan :D
"good luck"

0 komentar:

Post a Comment