Wednesday, September 25, 2013

perintah atau sintak pada terminal



Ok gan saya akan berbagi ilmu kepada kalian , sekarang saya akan membahas tentang perintah perintah pada command line atau bisa juga di sebut sintak sintak . 
Sebelumnya kita sudah mempelajari perintah  “LS, PWD, CD, MKDIR, RM  –R, CP –RF” dan lain sebagainya.  Dan sintak-sintak itu akan kita gunakan kembali.
Untuk membuat file di dalam linux kita dapat menggunakan beberapa perintah . Contoh :
1.NANO misalnya kita ingin membuat file baca.txt nah kita mengetik seperti ini nano baca.txt  lalu enter. Dan untuk membuat datanya kita tulis misalnya when I can fly to paris  lalu untuk menyimpannya kita hanya cukup menekan  ctrl,x,y  lalu enter 2x. Dan untuk melihat isinya ketik  LS  lalu enter atau cat baca.txt lalu enter.
2.TOUCH untuk membuat file melalui touch caranya  sama saja dengan NANO akan tetapi, touch tidak bisa membuat data secara langsung.
3.ECHO untuk echo kita bisa membuat data  dulu baru di masukan ke dalam file misalnya “hy paris”> baca.txt.
4.VIM jika vim hanya bisa di gunakan di linux Ubuntu, jika di linux centOS tidak bisa di gunakan karena belum terinstal.
5.FREE berfungsi untuk mengechek kapasitas memory kita .

Dan masih banyak lagi.
Ada pun perbedaan antara NANO, TOUCH, ECHO, dan VIM.
- Kalau NANO , kita bisa langsung mengisi data.
- kalau VIM , untuk mengisikan datanya terlebih dahulu ketik i kemudian untuk menyimpannya tekan esc kemudian  ketik :w enter. Kalau ingin keluar dari VIM tekan esc kemudian ketik :q enter. Tetapi jika kita ingin keluar + menyimpan tekan esc lalu ketik :wq lalu enter.
- kalau TOUCH membuat file terlebih dahulu baru mengisi data.
- kalau ECHO kebalikan dari TOUCH membuat data dahulu baru di masukan ke dalam file.
Setelah mengetahui beberapa sintak untuk membuat file di dalam linux, selanjutnya saya akan membuat contohnya seperti di bawah ini:
Kita akan membuat directori mycode, di dalam directori mycode terdapat folder oye, cek, dan  aje. Dan di dalam folder oye berisi file apt1.txt dan apt1, di dalam folder cek berisi file dol, dan di dalam folder aje berisi file apt2.txt dan apt2.

1.pertama tama saya akan membuat directori mycode terlebih dahulu. Kemudian folder oye , cek, dan aje. Jika sudah hasilnya akan seperti di bawah ini. 






Jika agan ingin melihat hasilnya bisa di lihat di home. Seperti ini: ^_^









Dan inilah isi nya gan seperti ini :






.Jika agan sudah, kita buat file didalam masing-masing folder yang sudah kita tentukan diatas tadi. Hasilnya seperti gambar di bawah. 






.Kemudian kita buat file apt1.txt dan apt2.txt terlebih dahulu. Agar lebih mudah, kita gunakan sintak ECHO. Misalnya seperti di bawah ini.




Jika agan sudah membuat langkah-langkah di atas, sekarang kita coba untuk memindah kan beberapa file ke dalam folder lain. Misalnya file apt1.txt kita pindah ke dalam file dol, lalu file dol kita pindah ke dalam folder aje, kemudian file apt2.txt kita pindah ke dalam folder cek.
1.Kita pindah file apt1.txt kedalam file dol, dengan cara mv apt1.txt /home/guest/Document/myCode/cek/dol/ kemudian enter. 




.kita pindah file dol ke dalam folder aje, dengan cara cp –rf dol /home/guest/Document/myCode/aje/ kemudian enter.





.Kita pindah file apt2.txt ke dalam folder cek, dengan cara mv apt2.txt /home/guest/Document/myCode/cek/ kemudian enter.







terakhir saya akan mencoba untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan dengan cara mengetik KILL – (dan masukan kode pada aplikasi nya) misalnya saya akan menutup aplikasi libra office impres .
Berikut cara nya :

.pertama tama buka softwere office impres nya terlebih dahulu .




.lalu kita buka aplikasi TERMINAL pada komputer kita .





maaf belum selesai , nanti saya edit lagi ^_^



0 komentar:

Post a Comment